Klepon lembut dan kenyal (tepung beras). #Jajanpasar, #kuetradisional Kue klepon kali ini terbuat dari bahan sederhana, seperti tepung ketan tepung beras dan kelapa serta gula merah. Temukan resep masakan lainnya hanya dichannel YouTube dapur Riri Jangan lupa like share coment dan subscribe ya Ikuti juga sosial media dapur Riri ya. Setelah itu campurkan tepung ketan dan tepung beras.

Klepon lembut dan kenyal (tepung beras) Siapkan wadah, lalu campurkan tepung ketan putih bersama garam dan aduk hingga merata. Tambahkan ubi ungu yang sudah dihaluskan Jika klepon sudah mengambang, segera angkat dan tiriskan. Sajikan klepon ubi ungu dengan taburan parutan kelapa yang sudah dibumbui dengan garam. You can cook Klepon lembut dan kenyal (tepung beras) using 11 ingredients and 3 steps. Here is how you achieve that.

Ingredients of Klepon lembut dan kenyal (tepung beras)

  1. Prepare 250 gr of tepung ketan putih.
  2. Prepare 50 gr of tepung beras.
  3. You need 250 gr of santan hangat (dr 65 gr santan instan+air).
  4. You need 1/3 sdt of pewarna merah tua.
  5. It's 1/3 sdt of pewarna ungu.
  6. Prepare 4 tetes of pewarna merah dan 2 tetes pewarna ungu.
  7. You need 75 gr of gula merah, untuk isian, sisir kasar.
  8. It's of Bahan Pelapis (kukus 20 menit).
  9. Prepare 150 gr of kelapa parut.
  10. It's 1/4 sdt of garam.
  11. It's 2 lembar of daun pandan, simpulkan.

Selain tepung beras, tepung ketan juga sering digunakan di berbagai daerah. Tekstur kue yang dihasilkan pun lebih kenyal dan pulen, bahkan tanpa tambahan banyak tepung tapioka atau kanji. Yup, itulah klepon dari Jawa Tengah. Kue ini terasa kenyal sekaligus lembut dalam satu gigitan.

Klepon lembut dan kenyal (tepung beras) instructions

  1. Tuangkan air santan sedikit-sedikit kedalam campuran tepung ketan dan tepung beras sambil diaduk atau diulen. Stop penggunaan air santan begitu dirasa teksturnya sudah licin dan kalis ya. Bagi adonan menjadi 3 bagian. Masing-masing beri warna, ulen rata. Untuk warna, sesuai selera sobat saja. Boleh diskip atau diganti warna lain, atau gunakan pasta pandan..
  2. Bagi tiap-tiap adonan menjadi 8 bagian atau sesuai selera. Bulatkan. Ambil satu adoan, pipihkan, beri isian gula merah secukupnya..
  3. Bulatkan adonan kembali. Lalu cemplungkan adonan kedalam AIR MENDIDIH. Adonan yang matang akan mengapung dengan sendirinya. Angkat, segera gulingkan klepon kedalam kelapa parut yang sudah dikukus. Sajikan :).

Cara membuat: - Campur tepung ketan, tepung beras dan garam, aduk rata, kemudian tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai bisa dipulung - Rebus air secukupnya, ambil sedikit adonan, pipihkan, beri gula merah dan bulatkan - Masukkan ke dalam rebusan air yang sudah mendidih. Campurkan tepung ketan dan tepung beras dalam satu wadah, aduk rata. Masukkan pasta pandan secukupnya kedalam campuran tepung, aduk rata. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan pas. Bentuk bulat-bulat adonan yang sudah diuleni sampai kalis dan beri isi gula merah atau.