Klepon Gula Merah. Bahan bahan Resep Klepon Ketan Gula Merah. Iris tipis tipis supaya nanti mudah dimasukkan ke dalam adoanan kue klepon nya nanti. Gula merah secukupnya yang sudah disisir halus.

Klepon Gula Merah Penamaan klepon sendiri hanya di daerah Jawa. Di daerah Sumatra dan Malaysia, klepon lebih Bahkan isinya kini tidak lagi hanya gula merah, ada yang diisi dengan coklat, strawberry, nanas, dan. Resep Kue Klepon Ketan Gula Merah Serta Cara Membuatnya Dengan Mudah dan Praktis. You can cook Klepon Gula Merah using 6 ingredients and 4 steps. Here is how you achieve that.

Ingredients of Klepon Gula Merah

  1. You need 250 gram of tepung ketan.
  2. You need 50 gram of tepung beras.
  3. You need 100 gram of kelapa parut; kukus 20 menit.
  4. Prepare 2 sdm of pasta pandan.
  5. Prepare secukupnya of air hangat.
  6. It's secukupnya of gula merah.

Resep klepon kenyal empuk tanpa AIR kapur. Resep Kue Klepon Tepung Ketan Isi Gula Merah Mudah Praktis Dan Ekonomis. Bahkan di beberapa tempat klepon ketan isi gula merah ini dijadikan makanan hidangan bila ada Pada kesempatan kali ini akan membahas cara membuat klepon ketan isi gula merah yang bisa. Selain itu, sebenarnya isian klepon juga tidak terbatas gula merah saja.

Klepon Gula Merah step by step

  1. Campur tepung ketan dan tepung beras. Aduk rata..
  2. Masukkan pasta pandan ke air hangat. Tuangkan air sedikit demi sedikit agar adonan sesuai. Uleni hingga kalis. Jangan terlalu lembek ataupun keras. Karena berpengaruh dengan klepon setelah direbus..
  3. Iris tipis gula merah. Taruh di atas adonan yang di pipihkan. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat. Hati-hati bolong dan gula merah meleleh..
  4. Rebus adonan. Tunggu hingga klepon mengambang. Angkat dan tiriskan. Tunggu hingga 5 menit lalu baluri klepon dengan kelapa parut yang sudah dikukus. Klepon siap disajikan. Mudah bukan?.

Itulah sajian informasi singkat mengenai resep dan cara membuat kue klepon isi gula merah yang nikmat. Jajanan pasar ini terbuat dari beras ketan berisi gula merah yang legit. Parutan kelapa di atas membuat rasanya berpadu dengan sempurna. Kue klepon tradisional berbahan tepung ketan berisikan gula merah dan bertaburkan kelapa parut. Kue ini di beberapa daerah disebut onde-onde.