Klepon menul. KLEPON MENUL-MENUL ala Intan Mamah Hifza. Empuk, Kenyal, Manis, Gurih, Hmmmmm enak enggak cukup kalau cuma satu. Resep Klepon Menul-Menul ala Intan Mama.

Klepon menul Bahan klepon tapung ketan, vanili, garam, pasta pandan , gula merah, kelapa parut #jajanantradisional #klepon #jajan. Klepon (diucapkan Klon-pon ), atau kelepon, adalah kue beras tradisional Asia Tenggara berwarna hijau yang diisi dengan gua aren cair dan dilapisi kelapa parut, yang berasal dari Indonesia. Cara ini membuat jajanan pasar klepon kekinian, mudah dan simple pastinya. kita hanya membutuhkan bahan ini saja : - Tepung beras - kelapa - keju - gula. You can cook Klepon menul using 9 ingredients and 6 steps. Here is how you achieve that.

Ingredients of Klepon menul

  1. Prepare 1 bungkus of tepung ketan putih (sy rosebrand).
  2. It's 8 sdm of tepung beras (sy rosebrand).
  3. You need 1/2 sdt of vanilli bubuk (kupu2).
  4. You need 400 ml of air.
  5. You need 2 sdm of pewarna pandan.
  6. You need 1 butir of kelapa parut (dikerik).
  7. It's 1 sdt of garam.
  8. It's 10 buah of gula merah.
  9. It's of 5 lembar Daun pandan.

Klepon (pronounced Klē-pon), or kelepon, is a traditional Southeast Asian green-coloured balls of rice cake filled with liquid palm sugar and coated in grated coconut, originating from Indonesia. The sweet glutinous rice balls is one of popular Indonesian kue, and it is commonly found in Indonesia, Malaysia. Jajanan pasar tradisional khas Indonesia ini cocok dinikmati di suasana apa saja. Gurih, kenyal dan pecah di mulut!

Klepon menul instructions

  1. Pertama tama saya kukus kelapa parut yg sudah di campur garam dan masukkan 3 lembar daun pandan.
  2. Lalu campur tepung ketan +tepung beras +vanilli setelah tercampur..
  3. Larutkan perisa pandan dan 400 ml air. Lalu campur kan ke adonan tepung hingga adonan bener2 kalis dan bisa di pulung. (Mom,adonan tidak boleh terlalu keras atau terlalu lembek yah) jangan lupa iri dulu gulamerah nya moms.
  4. Siapkan air di panci dan masuk kan 2 lembar daun pandan hingga mendidih.
  5. Setelah air mendidih.bulat2 kan adonan lalu isi gula merah. Setelah siap di bulatkan lalu masuk kan ke dlm panci air yg sudah mendidih. Klepon akan mengapung itu tanda nya sudah siap diangkat..
  6. Dingin kan klepon lalu balur di kelapa yg sudah di kukus sebelum nya. Dan porsi yg saya sajikan bisa sampai 60 buah klepon..

Mendengar nama klepon mungkin cukup asing di telinga kita. Klepon sendiri merupakan salah satu jajanan tradisional Nusantara yang terbuat dari bahan. Resep kue klepon pandan isi gula merah ini patut anda coba buat di rumah, aroma pandan yang dihasilkan dan manisnya gula merah akan membuat anda ketagihan. "Kenapa klepon doang? Kenapa nggak semua kue? "Klepon yang adem ayem aja kena diskriminasi oleh Abu Ikhwan Azis, apalagi minuman iniiiiii dari namanya saja sudah. Cara membuat kue klepon sebenarnya sangat sederhana.