Klepon kenyal no kapur. Assalamuallaikum Jumpa lagi dengan Aidah Lembayung Senja. Dalam video kali ini Aidah membuat jajanan tradisional Indonesia yaitu Klepon. Resep Klepon Ketan Gula Merah Kenyal no Kapur sirih oleh Tin. resep klepon tanpa kapur sirih, resep klepon ubi, resep klepon tepung beras, resep klepon ncc, klepon recipe, resep klepon ubi ungu, resep kue klepon ketan, resep klepon ketan hitam.

Klepon kenyal no kapur Selain dengan khas isi gula merahnya, kue klepon juga sering kali disajikan lebih modern dengan beragam aneka rasa dan aneka warna. Agar klepon yang Anda buat memiliki tekstur lembut, kenyal, dan nikmat di lidah, kami sarankan memilih tepung beras ketan yang sudah terkenal dan favorit. Sebab jika tepung beras asal-asalan, tekstur dari klepon nantinya menjadi kasar di mulut. You can cook Klepon kenyal no kapur using 8 ingredients and 8 steps. Here is how you cook that.

Ingredients of Klepon kenyal no kapur

  1. Prepare 200 gr of tepung beras ketan.
  2. You need 1 sdm of tepung tapioka.
  3. You need 1/4 sdt of garam.
  4. You need 175 ml of air panas.
  5. You need of Pasta pandan secukup nya.
  6. Prepare of Gula merah.
  7. You need of Daun pandan.
  8. It's secukupnya of Kelapa parut.

Selain itu, sebenarnya isian klepon juga tidak. Siapa yang ingat dengan kue ini? Jajanan pasar bertekstur empuk dan kenyal ini bisa Anda buat sendiri. Tak sulit, hanya dengan beberapa langkah ini.

Klepon kenyal no kapur instructions

  1. Siapkan air panas lalu masukkan pasta pandan aduk rata.
  2. Di wadah lain kita campurkan tepung ketan, tapioka dan garam.. aduk rata.
  3. Lalu tuang air panas yg sudah di campur pasta pandan sedikit2 yaa.. sambil di aduk menggunakan sendok.
  4. Setelah agak hangat lanjut diulenin pake tangan sampai kalis yaa.
  5. Lalu ambil sedikit adonan dan pipihkan tambahkan gula merah yg sudah di sisir halus secukupnya lalu tutup rapat kemudian di bulat2kan sampai adonan habis.
  6. Didihkan air bersama daun pandan lalu masukkan klepon yg sudah di bentuk.. jika sudah mengambang artinya udah matang ya... lalu di angkat.
  7. Setelah klepon sudah dingin kita balurkan dengan parutan kelapa.. (kelapa nya td sy kukus 10 mnt ya).
  8. Selamat mencoba😉.

Tekstur klepon menjadi padat, kenyal, dan tidak terlalu lembek. Klepon juga jauh lebih awet dan tidak cepat busuk. Namun perhatikan penggunaan air kapur sirihnya juga. Jangan terlalu banyak menuangkan air kapur sirih dikarenakan klepon menjadi pahit. Klepon adalah sejenis makanan tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajanan pasar.